Tanya Jawab PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Tanya Jawab

Berapa konsumsi listrik Electrolizer pada motor?

Tidak lebih dari 2A rata-rata 1.2A menghasilkan HHO sekitar 900 - 1200mm3

Apakah alat bisa meledak?

Bensin lebih berbahaya dibanding air :) mesin sudah memiliki katup hisap dan keluar (ke knalpot). Tentu dipandang dari segi bahaya kendaraan itu berbahaya karena mensuplay bensin+uap bensin ke dalam mesin, namun kenyataanya tidak terjadi masalah dengan itu karena sudah ada mekanismenya. Dibutuhkan panas yang sangat tinggi untuk membakar/meledakan HHO sehingga ruang pembakaran mesin merupakan habitat paling tepat!

Apakah jika bensin habis masih bisa berjalan?

Untuk menghasilkan kendaraan yang murni HHO diperlukan arus yang besar >25A yang langsam jadi >50A. Disain dinamo kendaraan misal motor rata-rata mensuplai tidak lebih dari 2A yang dibagi untuk berbagai keperluan kelistrikan kendaraan. Jadi untuk membuat suplay arus >50A perlu modifikasi pada disain dinamo. Jadi device ini berfungsi seperti halnya oksigen untuk orang sakit tentu akan lebih segar, sehat dan bertenaga :)

Apakah bisa menggunakan air biasa?

Bisa! yang penting jernih (lihat penjelasan di atas).

Berapa ukuran botol yang optimal?

Sekitar 500ml, diisi dengan air 220ml dan katalis Sodium Bicarbonate 1 sendok teh. Cukup untuk kendaraan hingga 1000cc jika lebih tambahkan botol (multicell) tidak disarankan mengguakan botol yang besar karena tidak efektif.

Apakah elektroda dapat menggunakan logam lain selain stainlesteel?

Dapat saja, tetapi akan cepat menghasilkan kotoran/residu yang tidak diharapkan dari proses elektrolisis (lihat gambar botol dengan hasil air hijau & coklat). Kualitas elektroda sangat berpengaruh. Gunakan stainlesteel Murni!! Sebisa munkin.

Apakah HHO yang masuk apakah tidak tercampur dengan uap air?

Tidak masalah selama yang masuk H2O gas justru vaporizer digunakan untuk menghasikan H2O fase gas, terlebih pada saat ditambah aditif accetone maka akan lebih meningkatkan power mesin karena itulah yang anda rasakan pada saat menggunakan waterhybrid. Misal sedikit air yang masuk dalam mesin juga tidak masalah karena akan terbakar juga. Kalau dalam jumlah yang berlimpah tentu mesin sudah macettt :)

Apakah dengan electrolizer adalah alat penghemat bbm?

Electrolizer adalah device penghasil HHO salah satu efek menggunakan alat (device) ini adalah peningkatan power. Peningkatan power ini dapat dimanfaatkan untuk lebih mengefisienkan pembakaran fuel (bbm), bagaimana menghemat (mengefisienkan pembakaran) bbm dapat dilihat pada Topik : "Mengefisienkan Penggunaan BBM". Tidak ada alat yang serta merta menghemat bbm, karena itu tergantung dari beberapa faktor salah satunya cara mengendarai, aerodinamika, dll (silakan lihat dalam topik tersebut).

Apa manfaat yang langsung dirasakan pada saat memasang device ini?

1. Daya ledak tinggi (Power Mesin Meningkat) 2. Mesin lebih lembut 3. Mengurangi deposit karbon & mencegah terbentuknya kembali, 4. Transmisi Ringan dan berbagai manfaat lainnya.

Apakah bentuk dan materi botol berpengaruh terhadap efek penggunaan device ini?

Ya, karena tidak hanya produksi HHO saja yang berpengaruh terhadap manfaat penggunaan alat ini, tetapi bagaimana volume, kelancaran udara masuk dan terhisap oleh mesin berpengaruh juga terhadap kelembutan mesin. Pada umumnya orang beranggapan kendaraan lembut bergatung hanya pada suspensi. Suspensi yang banyak dipasang dikendaraan adalah tipe spring. Sangat jarang yang menggunakan tipe bump stop, yaitu yang berfungsi meredam kendaraan pada saat melaju kencang di jalan yang (gronjal-gronjal :jw) contohnya polisi tidur pendek yang berjajar banyak. Adanya ruang udara yang terdapat pada botol menjadikannya sebagai ruang suspensi mesin yang sangat empuk dan efisien karena itulah materi dan bentuk botol dapat berpengaruh.

Apakah saluran udara perlu diberi filter?

Saluran udara sudah diberi filter sehingga selain mencegah kotoran masuk juga mencegah air muncrat akibat tekanan balik pada saat gagal stater (stater kick/manual).

Apakah perlu diberi pengontrol masukan HHO?

Belum perlu karena semakin banyak semakin bagus. Seperti yang dijelaskan diatas jika produksi HHO sudah berlimpah, malah bagus jika dibikin sesedikit mungkin menggunakan bbm atau bahkan tanpa sama sekali, hingga saat ini suplay listrik dari kendaraan masih belum cukup besar untuk menghasilkan kendaraan murni HHO kecuali dengan modifikasi.

Seberapa lama Air akan habis?

Kalau menunggu habis akan sangat lama >6bln karena ingat volume gas jauh lebih besar dari 220ml cair (liquid). Tapi sebelum habis pasti air sudah diganti karena kotor. Kotor ini karena selain bercampur dengan materi2 udara (gas buang kendaraan lain) juga bergantung dengan kualitas elektroda yang digunakan sehingga untuk mendapatkan HHO yang optimal maka jangan biarkan air sampai kerung (warna coklat tua kalau kuning biasa). Yang penting selama HHO masih berproduksi banyak meski keruh air dapat digunakan meski mengganti lebih disarankan. Toh air juga sangat murah + Baking Soda (Sodium Bicarbonate) juga sangat murah di swalayan. Air juga cukup air bening untuk mengindari materi lain/bahan organik yang tidak diperlukan karena dapat mempercepat kekeruhan. Jika anda sempat ke apotek/toko kimia membeli H2O murni juga bagus meskipun dengan air minum galon juga bisa.

Apakah bisa digunakan untuk motor 2 tak?

Bisa bagaimanapun motor 2 tak masih memerlukan peningkatan efisiensi pembakaran yang lebih dan hal ini tidak akan membuat oli menjadi kering dan merusak mesin. Oli tetap bekerja seperti biasanya.

Apakah perlu setingan mesin supaya irit?

Pada dasarnya tidak ada setingan mesin yang irit buat smua kendaraan seperti yang dilakukan oleh banyak benkel (tak bikin setingan irit ya?). Kebanyakan benkel hanya mengukur pada RPM tanpa beban sedangkan pembakaran optimal dicapai pada saat menghasilkan torsi (rpm+tenaga) optimal. Nah tenaga ini bergantung pada keseluruhan bobot kendaraan+penumpang. Jadi akan lebih baik cari montir yang berpengalaman dan mengerti setiap konsumenya lebih baik lagi jika anda dapat menset kendaraan anda sendiri. Contoh: jika anda orang yang kurus menservis kendaraan pada montir yang besar dan tidak memahami bahwa motor itu digunakan oleh orang yang kurus pasti hasilnya tidak optimal (biasanya motor jadi ngeden:jw, 80Kmh dah banyak getaran dan tidak bisa melaju cepat lagi/susah untuk mendapatkan percepatan) pada kejadian sebaliknya akan didapat motor yang tidak bertenaga (ampang:jw). Jadi agak riwilah(ceriwis) jika anda menservis kendaraan supaya mendapatkan setingan yang sesuai dengan kebutuhan anda bukan kebutuhan/perasaan montir.

Apakah produksi HH akan mengurangi oksigen diudara?

Tentu tidak HHO yang diproduksi dari air, hasil dari pembakaran mesinn akan mengikat kembali Oksigen sehingga gas buang +H2O dalam bentuk gas. Oleh karena itulah penggunaan waterhybrid ini merupakan bentuk partisipasi aktif dalam gerakan bumiku biru. Perlu diingat bahwa udara sudah terlalu banyak tercemar karena CO dan gas/materi beracun lainya yang berbahaya serta mengikat panas sehingga emisi panas matahari terperangkap disekitar teresterial dan tidak dapat menembus balik ke atmosfer. Itulah yang menyebabkan panas yang berlebih di jalan raya yang membikin stress meski terdapat pohon - pohon karena bagaimanapun produksi O2 dari pohon tidak terlalu banyak. Anda bisa memperhatikan jalan yang rata akan lebih terasa panas dibanding jalan yang mendaki meski hanya 3-4derajat saja. Hal ini karena gas-gas buang dan materi beracun tadi memiliki bobot dan sehingga tidak akan mudah untuk terangkat ke atas tanpa ada aliran udara/angin yang mengangkatnya. Jadi bisa anda bayangkan jika semua atau paling tidak sebagian besar pengguna kendaraan menggunakan device ini yang mudah dibuat siapa saja maka akan lebih efektif dalam menurunkan panas global/lokal. HHO juga memiliki ciri daya ledak tinggi, tidak menghasilkan panas berlebih, dan akurat.

Apakah elemen akan korosi?

Tidak (sangat kecil sekali) jika menggunakan stainless murni. Warna coklat yang menempel hanya residu hasil elektrolisa akibat bahan & air yang tidak murni dan itu sangat wajar & mudah dibersihkan.

Bagaimana membersihkan elemen yang kotor?

Cukup disikat saja. Kalau anda memiliki adaptor cukup membalik polaritas, yaitu: elektroda yang biasanya dialiri + diganti menjadi kutub - dan sebaliknya sambil disikat dengan kondisi air belum dibuang, anda akan dengan sangat mudah membersihkan plak yang menempel dan elektroda menjadi bersih dan mengkilap kembali :)

Bagaimana dengan pendapat bahwa: 1. Hidrogen : gas yang mudah sekali terbakar 2. Uap bensin : gas yang relatif susah terbakar, sehingga butuh kompresi mesin & pengapian yang dimajukan (timing advance). Sehingga apa yang terjadi jika hidrogen & uap bensin dimasukkan ke dalam ruang bakar secara bersamaan...? jawab-nya adalah pre-detonation. Dimana pada saat hidrogen & uap bensin masuk ke ruang bakar, maka hidrogen akan terbakar terlebih dahulu dibanding uap bensin. Terbakarnya hidrogen akan menekan piston secara paksa utk turun, pahadal piston sedang bergerak naik utk meng-kompresi uap bensin. Kejadian inilah yang bisa menyebabkan piston bolong, setang piston bengkok, dll. Nah biar tidak terjadi kejadian spt di atas, maka timing pengapian harus di-adjust (dimundurkan).. konsekuensinya, piston tidak bolong, tapi tenaga mesin utk akselerasi bisa berkurang. Pernyataan di atas mengutip pendapat teman yang logikanya menurut saya masuk akal?

Device ini menghasilkan HHO yang sangat berbeda dengan Hidrogen murni. HHO memiliki sifat susah terbakar kecuali dengan panas yang sangat tinggi (lihat di atas) selanjutnya asumsi yang dikemukakan menjadi gugur karena HHO sangat berbeda dengan Hidrogen murni. Hidrogen murni sangat berbahaya sehingga sulit digunakan menjadi bahan bakar :) jadi sebaiknya logika perlu diikuti dengan pemahaman yang komprehensif dan praktik yang benar sehingga dapat lebih holistik dalam memahami permasalahan dan kondisi sehingga yang dihasilkan adalah solusi yang bermanfaat bukan hanya menebar ketakutan yang dikarenakan wawasan yang sempit :) secara awam juga mudah: bahkan di luar negeri sudah mengimplementasikan hal ini dan tidak terjadi apa yang diasumsikan tadi, mengapa? Karena asumsinya salah :) yang jelas jangan hanya selalu bergulat dengan teori - teori mulu, coba dipraktekan untuk menguji setiap teori :) dan teori juga bisa tidak tepat jika pada dipraktekan tidak menghasilkan hasil yang sesuai jika pre-condition sudah sama persis sehingga perlu dikoreksi. Itulah perlunya riset - riset sehingga iptek selalu maju tidak hanya mandeg dan mereferensi dengan teori - teori dulu tanpa mengujinya.

Kita juga tidak akan pernah bisa memprediksi gempa kalau selalu berdasar teori bahwa gempa tidak dapat diprediksi dan selalu menghujat riset-riset yang mencoba memprediksi gempa. Jika anda berfikiran tidak bisa, Pasti Tidak Bisa! Coba cari jalan lain pasti bisa!!! dan itu bisa!!! Ingat Alam diciptakan dengan Aturan! Cari jalan untuk membaca aturan itu! Jika anda yakin Alam diciptakan Tuhan pasti anda bisa mendapatkanya, tetapi jika anda menuhankan ilmuwan pasti ilmu anda tidak lebih dari itu! (lihat topik: "Mitigasi GunungApi")

File Produksi HHO dapat diunduh: