Mitigasi GunungApi
Pemodelan 3Dimensi untuk mendapatkan citra tegak dari citra terestrial pada Gunung Merapi. PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   
Tuesday, 30 November 1999

Pemodelan, Simulasi dan Pengendalian

Pemodelan 3Dimensi untuk mendapatkan citra tegak dari citra terestrial pada Gunung Merapi. 

(Konsep Tahun 2002, Implementasi Pada Erupsi Merapi 2006)

Letusan GunungApi merupakan bencana alam yang mampu menghancurkan sesuatu yang dilaluinya termasuk manusia dan lingkungan sekitarnya. Monitoring terhadap aktifitas tersebut merupakan hal yang esensial untuk menyelamatkan kehidupan.

Pemetaan penutup lahan merupakan hal yang penting untuk memonitor kenampakan dan aktifitas gunungapi serta menyajikan informasi lainnya.

Teknologi Penginderaan Jauh telah digunakan untuk upaya monitoring. Permasalahan resolusi temporal merupakan permasalahan yang mendasar penggunaan citra Inderaja ini sekalipun menggunakan foto udara format kecil berkaitan dengan biaya tinggi, cuaca, dan lainnya, satelit juga tidak selalu berada diatas zona erupsi, Inilah ketidakuntungan penggunaan citra satelit.

Last Updated ( Tuesday, 11 November 2008 )
Read more...
Sistem Pengamatan dan Mitigasi Gunungapi dan Seismik PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   
Pembangunan sistem pengamatan GunungApi dan Seismik secara kontinue non-stop sepanjang hari, menggunakan sensor RGB, Thermal, dan Microwave. Sistem pengamatan gunungapi terintegrasi dengan perangkat sistem kendali, detektor seismik - AWLR dan sistem peringatan dini terjadinya gempa.

Sistem telah terbukti dapat memberi peringatan terjadinya gempa pada skala 2,8 - 4 skala Richter secara akurat dalam tenggat masa valid 1 - 1,5 hari. Informasi dini pada kejadian Gempa tektonik 17 Juli 2006 di Pantai Pangandaran dengan Kekuatan 6,8 SR serta dengan juga menyebutkan bahwa kejadian tersebut tidak terjadi Zona Jogja.

Data Visual dan tekstual disimpan dalam format kompresi yang sangat canggih menggunakan KRDIPL CodecX Pack 2006! yang memungkinkan gambar dalam ukuran 320 x 260 pix disimpan dalam ukuran <7kb atau 3kb dengan hanya sedikit mengalami degradasi kualitas gambar; Video format VCD durasi 24 jam perekaman dapat disimpan dalam ukuran <15MB!!!. Contoh faktual adalah perekaman pada 17 Juli 2006 Non-Stop Full 24 Jam dapat disimpan dalam ukuran: 11.1 MB (11,649,024 bytes)!!!.