Elektronika Asik
97. Tegangan Simetcis Dari Transformator Bel Pintu PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Rangkaian ini tidak fianya menarik karena digunakan sebagai transformator bel yang mempunyai satu lilitan sekunder, dengan memberikan tegangan simetris untuk penggunaan beban arus kecil, tetapi juga dikarenakan tegangan keluaran yang dihasilkannya lebih besar dari tegangan sekunder transformator tersebut. Kenaikan tegangan ini diha~ilkan oieh rangkaian pengganda tegangan yang komponennya terdiri dari dua buah dioda dan kondensator untuk setiap sisi.

Read more...
98. Termometer Digital PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Termometer air raksa yang kuno dapat diganti dengan termometer elektronik. Penunjukkan temperatur berlangsung secara digital dengan bantuan lampu-lampu. Rangkaian ini dibuat sedemikian rupa sehingga setiap 2oC lampu yang menyala bertambah satu. Lampu-lampu itu disusun menurut bentuk termometer yang biasa, disusun vertikal. Setiap ambang penyalaan dapat diatur terpisah sehingga dapat dilakukan kalibrasi dengan bantuan termometer yang sudah ditera. Potensiometer 10 k berguna untuk menyesuaikan resistansi NTC yang dipergunakan karena NTC sendiri dengan tipe yang sama menunjukkan toleransi pabrik yang masih besar. Tentu saja * lampu dapat diganti dengan LED, yang tentu mempengaruhi besarnya biaya. Dengan menambah jumlah lampu, ketepatannya dapat diperbaiki.

Read more...
99. Tespen PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Jika anda ingin mengetahui adanya aliran listrik di dalam jalur PLN rumah anda, anda harus menggunakan alat ukur Multitester atau suatu alat yang disebut tespen. Kita akan membuat sebuah tespen dengan harga yang sangat murah, hanya memanfaatkan sebuah ballpoint bekas dan sebuah lampu indikator yang berharga murah, anda dapat membuat tespen seperti gambar dibawah.

Cara merangkainya, Salah satu ujung kawat dari lampu neon kita hubungkan dengan ujung penutup ballpoint yang terbuat dari logam dan ujung yang satu lagi dif~ubungkan dengan salah satu ujung resistor, ujung yang satunya lagi dari resistor dihubungkan dengan isi bekas ballpoint yang terbuat dari kuningan. Bila kita menggunakan ballpoint yang masih baru maka kita akan mendapatkan ballpoint yang dwifungsi yaitu selain untuk menulis ia juga untuk melihat adanya aliran listrik.

Read more...
<< Start < Previous 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Results 96 - 98 of 98