Elektronika Asik
45. Osilator Inverter PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Ini adalah sebuah osilator yang mempunyai satu kelainan; tidak seperti kebanyakan pasangan-pasangannya, frekuensinya adalah bervariasi. Rangkaian yang terdiri dari dua inverter dengan komponen-komponen tambahan yang sama. Dengan nilai komponen yang sudah tercantum, frekuensi dari pembangkit getaran bisa diatur dari 800 kHz sampai 12 MHz.

Read more...
46. Osilator Kristal Tegangan Rendah PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Untuk membuat osilator kristal, sangatlah mudah jikamenggunakan transistor efek medan (FET). Rangkaian khusus ini bekerja pada tegangan catu relatif rendah dari 1,5 V ke atas, dan telah diuji dengan kristal kuarsa titik tanah dengan frekuensi antara 100 kHz sampai 10 MHz.

Read more...
47. Pelindung Polaritas Dc PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Pada peralatan elektronik yang menggunakan tegangan DC dari luar dapat dengan mudah rusak apabila terminal-terminal dari tegangan catu dengan tidak sengaja tertukar. Untuk mencegah kerusakan tersebut anda dapat merakit rangkaian berikut. Periu diingat bahwa nilai R1 akan tergantung dari jenis relay yang digunakan.

Read more...
48. Pelipatganda Tegangan Dc PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Keistimewaan rangkaian ini adalah dapat meningkatkan dan melipatgandakan tegangan DC dari 6 volt menjadi 12 volt. Dalam bidang elektronika rangkaian seperti ini disebut Voltage Doubler.

Read more...
49. Pemantap Tegangan Rendah PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Tergantung kondisinya, baterai 1,5V bisa mencatu tegangan 1,2...1,7 V. Rangkaian ini boleh jadi sangat bermanfaat bila suatu proyek diumpani dengan tegangan konstan rendah. Dengan tegangan masukkan 1,2...1,8 V pemantap ini menghasilkan tegangan relatif konstan 1,15 V pada arus beban maksimum 5 mA.

Read more...
<< Start < Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 46 - 50 of 98