Elektronika Asik
15. Dimmer Lampu Tl PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Sebuah trafo pemanas dengan 2 gulungan sekunder yang terpisah memanaskan kawat pijar lampu TL. Starter dapat dihilangkan. Pengaturan kecerahan lampu TL dilakukan dengan resistor beban 500 k/10W yang dipasang paralel dengan triac. Untuk meredam gangguan, di sini tidak digunakan komponen RC karena induksi diri kumparan redam L sudah mencukupi untuk hal ini. Jika daerah Pengaturan ingin diperlebar, kondensator C1 dapat diperbesar.

Read more...
16. Diskriminator Laju Denyut Tinggirendah PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   
Sekarang kita akan mencoba membuat sebuah perangkat elektronika yang lain dari pada lainnya. Rangkaian yang akan kita buat ini memberikan suatu petunjuk visual apakah laju dari suatu rentetan denyut yang datang berada di atas atau dibawah suatu harga yang telah ditentukan lebih dahulu.
Read more...
17. Filter Fm PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Rangkaian Filter ini dapat dipergunakan untuk menghilangkan kebocoran-kebocoran yang timbul dari pemancar FM lainnya. Rangkaian ini dapat dihubungkan secara seri dengan antena penerima dan sebaiknya sebagai penghantarnya menggunakan kabel Coaxial. Untuk , mendapatkan signal yang baik dapat dilakukan dengan mengatur kapasitor C1 dan C2.

Read more...
18. Indikator Air PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Rangkaian ini digunakan untuk memberikan tanda bila permukaan air dalam bak, tangki, kolam renang atau akuarium telah mencapai ketinggian yang diinginkan. Untuk transistornya banyak jenis transistor NPN yang dapat kita gunakan. Sedangkan sebagai indikatornya bisa kita gunakan multivibrator, buffer atau lampu.

Read more...
19. Indikator Puncak Loud Speaker PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Kini setiap pengeras suara alias loud speaker yang layak cukup tahan terhadap penenganan yang serampangan. Namun demikian, masalah dapat timbul di ruang duduk anda apabila volume diputar cukup tinggi, karena akan terjadi clipping (pemotongan amplitudo frekuensi suara sehingga menimbulkan suara yang cacat). Pada keadaan itu, selain dapat dihasilkan suara cacat, suara-suara hannonik tinggi dapat muncul pula. Hal ini tidak hanya merusak kenikmatan pendengaran, tetapi juga merusak tweeter.

Tindakan pencegahan dapat diambil dengan menggunakan jepitan (clip) atau Indikator puncak, suatu alat yang belum begitu banyak dimasukkan dalam sebagian besar penguat audio. Indikator puncak yang dijelaskan disini dapat dihubungkan secara langsung Pada keluaran penguat atau malahan dipasang dalam pengeras suara atau loud speaker, karena tidak diperlukan catu daya terpisah.

Taraf daya puncak dimana rangkaian diharapkan memberikan respon (tegangan puncak) dapat diatur antara 15 dan 125 W dengan sebuah pengeras suara 8SZ (14...45V). Rangkaian akan menyalakan LED pada waktu penguat baru saja memberikan daya puncaknya, sehingga memungkinkan pendengar dapat melihat dengan sebenamya bila sesuatu mulai bekerja tidak normal. Apabila LED hanya sesekali menyala berarti segala sesuatunya masih berjalan normal. Pada waktu LED menyala terus menerus, maka tiba saatnya untuk mengecilkan volume sedikit.

Read more...
<< Start < Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 16 - 20 of 98